10/16/2016

Mengenal Nama Bagian Komponen Vape

Vapeku - Setelah di tulisan sebelumnya kita sudah berkenalan dengan apa itu vape, selanjutnya mari kita kenal lebih jauh tentang bagian bagian vape. Sekedar mengingatkan kembali bahwasanya vape adalah suatu alat elektronik yang di rangkai sedemikian rupa untuk bisa mengubah cairan liquid menjadi uap dengan berbagai rasa, tergantung liquid rasa apa yang di isikan ke dalam vape itu sendiri. OK, secara garis besar vaporizer terdiri dari 6 komponen utama yakni drip, atomizer, mods, liquid, baterai, dan charger.

No Nama Keterangan
1 Driptip/drip Drip berfungsi sebagai perantara saat vaping
2 Atomizer Di sebut juga atty, bagian ini berfungsi bak dapur mesin
3 Mod Di sebut juga box mod, berfungsi sebagai wadah rangkain elektrik dan tempat baterai
4 Liquid Di sebut juga ejuice atau eliquid, cairan ini sebagai perasa yang di tetes ke kapas di koil
5 Baterai Berfungsi sebagai penyuplai daya
6 Charger Berfungsi sebagai alat untuk mengisi daya kembali

Sampai disini sudah paham kan? Namun untuk jelasnya langsung kita mulai ulas dari nama dan bagian vape satu per satu.

Nama Bagian Bagian Vape


1. Drip atau Driptip

Driptip Vapor
Drip atau Driptip Vapor

Driptip atau drip adalah bagian paling ujung dari vape yang kita gunakan untuk menghisap uap yang di hasilkan vape. Kebanyakan driptip berbentuk seperti pipa kecil yang ukuran diameter lubangnya berbeda-beda (tergantung selera) namun biasanya menyesuaikan dengan body dan desain  dari vape. 

Desain drip pun banyak pilihan karena bahkan hampir setiap pabrikan vapor memiliki desain sendiri yang sama-sama unik, tentunya hal ini juga di pengaruhi harga jualnya nanti. Sedangkan untuk bahan pembuatan drip juga bervariasi, mulai dari logam, keramik, nikel dan lainnya.

Btw saat ini driptip makin beragam jenisnya, berikut jenis bahan driptip yang bagus untuk vaping karena bahannya anti panas.

  1. Driptip Resin
  2. Driptip Derlin
  3. Driptip Ultem
  4. Driptip Keramik
  5. Driptip Plastik 
  6. Driptip Kayu


2. Atomizer atau Clearomizer

Atomizer Vape
Atomizer Vapor | IMG : nanumuli.tumblr.com

Apa itu Atomizer? Atomizer adalah salah satu bagian dari vaporizer yang terdiri dari koil, eliquid dan kapas berfungsi untuk proses pemanasan eliquid menjadi uap. Disinilah mesin utama dari vaporizer karena di dalam atomizer terdapat banyak komponen-komponen penting lain yang sangat menentukan rasa serta kenikmatan dari liquid. 

Komponen penting yang ada di dalam atomizer yakni, koil (sebagai pemanas), kapas vapor (media penyedot liquid dan atau menguapkan liquid), tube tank (media penampung liquid), dan power button. Dengan fakta tersebut maka bisa di katakan bahwasanya atomizer merupakan satu kesatuan komponen yang saling mendukung dan sangat vital. Atomizer bak dapur rumah, menjadi wadah pengolahan liquid menjadi uap melalui pemanasan koil yang berupa sumbu kawat kanthal dan di hubungkan di kedua kutub listrik dari baterai. Atomizer atau Clearomizer terletak di antara drip dan mod.

Ukuran atomizer hingga saat ini cukup beragam pula yakni ada jenis atomizer ukuran 22 milimeter, 24 milimeter, 25 milimeter, dan bahkan ada yang 30 milimeter. Khusus untuk mod jenis mini sebaiknya tidak menggunakan atomizer berukuran 22 milimeter saja, misalnya RDA goon 22, RDA tsunami 22, atau RDA maze 22.

Saat ini ada 3 jenis atomizer yang beredar di pasaran yakni jenis RDA, RTA dan RDTA, untuk penjelasan tentang perbedaaan rda, rta, dan rdta silakan baca disini.


3. Mod atau Box

Mods Vapor
Contoh Mods Vapor Evic VT MIni 4

Apa itu mod vape? Mod Vape atau Mod vapor adalah sebuah bagian dari vaporizer yang biasanya berbentuk tabung atau box yang berfungsi untuk menampung baterai dan komponen chip elektrik pendukung untuk bisa di alirkan ke koil. Mod vape sendiri di bagi menjadi 2 jenis yakni mechanical mod atau banyak yang menyebut mod mecha, dan yang kedua yakni mod elektrik.

Keduanya sama2 berfungsi untuk menampung baterai untuk bisa di alirkan ke sumbu coil, sedangkan perbedaan mod mecha dan mod elektrik sudah kami tulis dan bisa di baca di artikel jenis jenis vaporizer. Seperti halnya drip, mod vape juga memiliki desain-desain yang unik. Namun desain yang mungil tetap menjadi primadona bagi vapers karena lebih praktis di bawa kemana-mana. 

4. Cairan eLiquid atau Liquid 


Nah setelah mengetahui apa itu Atomizer dan apa itu Mod, selanjutnya adalah Cairan Liquid atau eLiquid atau Liquid atau eJuice. Karena terlalu banyak istilah mungkin kita sepakati saja namanya Liquid saja yak. Apa sih sebenarnya liquid itu? apakah liquid vape berbahaya?

Apa e-Liquid itu? 

Cairan Liquid | IMG : Vaporking


Eliquid vape adalah suatu ramuan cairan yang terdiri dari beberapa bahan seperti Air, Vegetable Glycerin (VG) atau Propylene Glycol (PG), Nikotin, dan Aroma perasa yang nantinya akan di ubah menjadi uap sehingga bisa kita hirup lewat Drip. Liquid merupakan cairan yang ada di dalam tangki atomizer atau bisa juga di tetes/suntikkan ke dalam kapas, lalu oleh koil akan di panaskan sehingga menjadi uap yang memiliki rasa dan aroma yang nikmat.

Apakah Liquid Vape Berbahaya?


Mungkin dari beberapa pembaca bertanya apakah Liquid berbahaya? sekilas jika kita menilik bahan pembuatnya bisa di katakan liquid cukup aman untuk di konsumsi. Namun di luar sana masih banyak pro dan kontra terkait bahan kimia pembuat dan efek sampingnya, dan sepenuhnya kami kembalikan kepada pembaca bagaimana menilainya.

5. Baterai 


Bagian vapor yang terakhir ini yakni baterai dan charger, tak kalah penting dengan bagian vapor lainnya yang sudah kita ulas di atas. Baterai untuk vapor tidak boeh sembarang baterai agar perangkat anda awet dan tahan lama. Dalam memilih baterai untuk vapor adalah hal wajib untuk menggunakan jenis baterai high drain.

Baterai vape terbaik dan paling banyak di gunakan saat ini antara lain :


  • Sony VTC6 
  • Sony VTC5 / US18650VTC5 2600mAh 30A
  • Sony VTC4 / US18650VTC4 2000mAh 30A
  • SOny VTC3 / US18650VTC3 1600mAh 30A
  • LG HD2 / LGDAHD21865 2000mAh 25A
  • LG HE2 / LGDBHE21865 2500mAh 20A
  • LG HG2
  • Samsung SDI INR18650-20R 2000mAh 22A
  • Samsung SDI INR18650-25R 2500mAh 20A
  • MNKE IMR 18650 1500mAh 20A
  • Sanyo 18650W2 1500mAh 18A
  • AWT

6. Charger


Charger vapor yang bagus tentunya harus memiliki beberapa kriteria dan karakteristik yang di butuhkan baterai, tentunya diluar kecepatan pengisian daya baterai itu sendiri. Berikut beberapa daftar charger vapor yang bagus.

Charger Vapor terbaik 4 slot baterai

  • Efest LUC4
  • Nitecore Digicharger D4
  • Xtar XP4 Interllicharger
  • Xtar VC4
  • Nitecore Intellicharger i4

Charger Vapor terbaik untuk kategori 2 slot

  • Xtar Rocket SV2
  • Nitecore Intellicharger D2
  • Nitecore i2 martcharger
  • Xtar VC2 Plus


Nah diatas adalah bagian bagian vaporizer yang paling umum dan menjadi bahan pertimbangan dalam membeli personal vaporizer.

Artikel Terkait