2/13/2017

Tips dan Panduan Membeli Vaporizer untuk Pemula

www.vapeku.net - Halo vapers, sementara kita selingi dulu review mod atau atomizernya karena kali ini kita akan berbagi tips dan panduan membeli vaporizer untuk pemula. Ya biar nanti yang mau sekedar mencoba vaping atau malah migrasi menjadi vapers jadi tidak buang-buang budget salah beli vapor. Jadi ini sedikit banyak tips ini dari pengalaman penulis sendiri di tambah beberapa tips yang ada di internet, di rangkum biar lebih enak di baca.

Dalam membeli vape tentunya ada beberapa hal yang harus di perhatikan dan tentunya juga butuh beberapa pertimbangan  dalam menentukan apa saja yang harus di beli nantinya. Nah sebelum kita paparkan lebih jauh tentang panduan membeli vaporizer, kami ingin menggaris bawahi bahwasanya panduan atau tips membeli vapor ini dengan kondisi dan rule di bawah ini

  • Anda harus 18+ bro, underage tolong stop disini saja bacanya dan tutup tab/browser anda.
  • Anda sudah memahami apa saja bagian bagian dari vape atau vapor.
  • Dengan berbagai pertimbangan tips ini BUKAN untuk starter kit package

Kami anggap anda sepakat dengan rule di atas, dan sekarang langsung saja kita bahas panduan membeli vape yang berikut ini.

Tips Panduan Membeli Vapor untuk Pemula


#1 Tentukan Jenis Mod

Electrical mod atau mechanical mod?
Tips Membeli vapor

Nah jadi menurut kami, menentukan jenis mod vaporizer merupakan langkah pertama sebelum membeli device. Kenapa? well, alasan paling utama berdasar pada pengetahuan si pamakai nantinya. Kasarnya jika pemakai vapor benar-benar masih nyubi maka pilihan akan jatuh pada electrical mod, satu-satunya alasan tentunya dari sisi keamanan dan kenyamanan saat vaping.

Sekali lagi kami ingatkan, untuk pemula atau kamu yang belum menguasai ohm law sangat di sarankan menggunakan mod elektrik.

#2 Budget

Tips selanjutnya setelah menentukan jenis mod vape yakni budget, ya siapkan budget dengan range harga sesuai device yang anda incar. Sebisa mungkin anda batasi dahulu budget untuk membeli vape agar tidak bengkak nantinya, atur seminim mungkin dengan cara hunting harga baik dari online store maupun toko offline. Rekomendasi kami, cobalah cari referensi harga dari tokopedia dan bukalapak untuk marketplace lokal atau ke fastech dan gearbest untuk marketplace luar. 

Saran dari kami sebaiknya beli mod yang 500 ribuan saja dulu, kalau sudah nyaman dan pengen explore boleh deh upgrade ke mod pintar dengan chip Yihi atau DNA. Lagian mod murah asal buildnya bener hasilnya juga pasti enaak kok, ya kan?


#3 Power Watt

Nah selanjutnya yakni power, sejatinya untuk mod-mod sekarang sudah maskin bervariasi fitur2nya namun untuk pemula kami sarankan menggunakan mod dengan mode power dahulu. Dari pengalaman kami untuk karakter vapers yang menggunakan mode power rangenya sekitar 30 watt hingga 70 watt saja, jadi sebaiknya pilihlah mod dengan power max 75 watt dulu.  


#4 Desain Mod dan Material

Ok, sampai disini kita sudah dapat 3 point penting sebelum membeli mod yakni jenis modnya, budget, dan power. Sepertinya dengan 3 point tadi masih terlalu banyak 'racun' di luaran sana, jadiii kita persempit dulu.

Perhatikan desain dan material buildnya, yap, pilihlah desain mod yang cocok dengan karakter anda. Mod yang bagus desainnya secara umum adalah 

  • Nyaman saat di genggam, pilih mod yang tidak licin saat di genggam
  • Desain tidak terlalu besar jadi enak waktu di bawa kemana2, di taruh di saku juga nyaman aja. 
  • Pilih mod dengan desain yang unik dan beda dari yang lain. 
  • Pilih mod dengan brand/merk yang sudah terkenal dan teruji produk2nya

Hingga saat ini kebanyakan mod di produksi dari China dan USA. Keduanya sudah terkenal solid dalam urusan rokok elektrik, sama-sama berpengalaman namun beberapa forum menyebut produksi USA sedikit lebih baik daripada produksi negeri Tiongkok. Kabar buruknya adalah, rata-rata device produksi USA harganya jauh lebih mahal. Penulis sendiri menggunakan mod made in China sih wkwk 


#5 Fitur

Tips selanjutnya yakni mengenai fitur dari mod, tentunya sebelum membeli kita harus kenali dulu fitur-fitur yang di tawarkan apa saja. Menambahkan poin no 3, selain power wattnya perhatikan juga fitur unggulan mod yang sudah d incar. Buatlah daftar mod sesuai kriteria diatas, lalu bandingkan masing-masing fiturnya dan pilih mod terbaik dari list tadi.

#6 Baterai 

Tips yang keenam yakni mengenai baterai, mau tidak mau anda harus menyiapkan budget tambahan untuk yang satu ini. Sejauh ini sudah beragam mod yang beredar di pasaran, mulai dari single baterai, dual baterai, dan paling terakhir triple baterai. Secara matematis saja, makin banyak baterai yang di gunakan maka banyak banyak pula biaya yang anda keluarkan. Tentunya hal ini di imbangi dengan lebih tahan lamanya sebuah mod, baterai lebih banyak maka lebih tahan lama hingga harus mengisi daya kembali. 

Sampai ke poin ini kita asumsikan anda sudah mempunyai mod incaran, setidaknya anda sudah mempunyai gambaran mod apa yang akan anda beli nantinya.

#7 Biaya maintenance

Ok, untuk yang terakhir ini sebenarnya hanya tambahan saja namun sebagai pengingat saja setelah anda membeli mod nanti akan ada biaya tambahan yang kita sebut biaya maintenance misalnya :

  • Beli atomizer
  • Beli charger external
  • Beli wire/kawat
  • Beli kapas organic
  • Explore liquid

Demikian tulisan tentang panduan membeli vaporizer untuk pemula yang sudah kami himpun dari berbagai sumber baik dari internet maupun dari pengalaman pribadi, semoga tulisan diatas bisa memberikan sedikit manfaat dan mengurangi rasa galau dalam memilih vape.

Artikel Terkait